Entri Populer

Sabtu, 18 Juni 2011

AK-47, senjata yang selamanya akan berjaya

AK-47, senjata yang dibuat oleh Mikhael Kalashiknov ini pada tahun 1947, ternyata memiliki takdir yang gemilang di masa depan sebagai senjata legendaris dunia.

AKM, Model Moderen AK-47 
AKM dengan Pelontar Granat, GP-25/GP-30
AK-47 Model Produksi
AKM dengan Popor Lipat
 Senjata ini terkenal dengan ketahanan, ketepatan, dan mudah perawatannya, tetapi senjata ini memiliki kelemahan daya hentak yang tinggi sehingga mengurangi ketepatan saat melakukan berondongan tembakan dan tembakannya memiliki suara yang besar. Pada abad ke-21 AK-47 menjadi senjata paling populer di dunia, senjata ini telah dibuat secara lisensi maupun tanpa lisensi di seluruh dunia dengan berbagai penambahan dan modifikasi. Bahkan perusahaan pembuat AK-47 pun masih memproduksi senjata penerus agar bisa bersaing dengan senjata buatan negara-negara NATO.

Senjata ini menggunakan peluru berkaliber 7.62mm x39mm atau 7.62mm M43. Desain peluru ini sama dengan peluru Sturmgewehr 44 yang menggunakan peluru 7.92mm x33mm. Peluru 7.62mm M43 terkenal juga dengan kekuatannya yang luar biasa untuk ukuran senapan serbu, yaitu bisa menembus 3 balok kayu dengan ketebalan kurang lebih 10mm, atau sebuah plat besi dengan ketebalan yang sama, padahal peluru yang digunakan jenis standar militer bukan "Armor Piercing". Dengan bertambahnya waktu varian AK-47 sekarang menggunakan peluru baru yang memiliki power lebih rendah tapi kecepatan lebih tinggi, yaitu peluru 5.45mm x39mm atau 5.45mm 7N6. Peluru ini memiliki "Kill Ratio" lebih tinggi karena kadar besi didalam peluru ini lebih sedikit jadi peluru ini lebih gampang meleleh dan tertinggal didalam tubuh yang menyebabkan "Kill Ratio" yang bertambah dibandingkan peluru 7.62mm M43 yang hanya menembus dan membuat orang yang terkena memiliki kesempatan untuk menyembuhkan diri.

Senjata ini telah digunakan oleh Tentara Uni Soviet atau Rusia selama lebih dari 30 tahun, bahkan sekarang masih digunakan dalam jumlah yang sedikit oleh Tentara Rusia. Diluar Rusia senjata ini menjadi ikon senapan serbu, karena seringnya senjata ini dijumpai dimana-mana. Di semua peperangan di dunia pasti terdapat AK-47 atau variannya dan lawan pun berebut untuk memiliki senjata satu ini karena ketahanannya yang bisa digunakan di gurun, daerah tropis, dan tempat bersalju, yang menjadikan senjata ini senjata yang bersifat universal.

AK-47 memiliki beberapa imitasi yang terdapat di seluruh dunia, tapi yang terkenal adalah :
Valmet/Sako Rk. 95 buatan Finlandia



  • AIM, buatan Romania yang berpeluru 7.62mm M43 dengan penambahan grip kayu.
  • AMD-63, buatan Hungaria yang berpeluru 7.62mm M43 dengan grip tambahan.
  • AIM buatan Romania
  • Type-56, buatan Cina yang berpeluru 7.62mm M43 yang sebenarnya adalah AK-47 berlisensi Cina.
  • SA Vz. 52, buatan Ceko yang berpeluru 7.62mm M43 yang dibuat tanpa lisensi.
  • Valmet/Sako Rk. 95, buatan Finlandia yang berpeluru 7.62mm M43 yang dibuat dengan bahan polimer.
  • Dan masih banyak lagi.
SA Vz. 52 buatan Ceko
Karena begitu populer, senjata ini pasti akan berkibar di medan perang walaupun tidak berbentuk asli, selamanya.


AMD-63 buatan Hungaria

Type-56 buatan Cina



Tidak ada komentar:

Posting Komentar