Entri Populer

Kamis, 16 Juni 2011

Perbedaan Tank aliran Komunis dan Tank aliran NATO

Perbedaan antara Tank aliran Komunis (Rusia, Ukraina, China, dll.) dan Tank aliran NATO (Amerika, Inggris, German, dll.) terdapat pada :




Tank Inggris, Challenger II

Tank Rusia, T-90
  • Bentuk badan tank adalah perbedaan paling mencolok. Tank aliran komunis tidak memiliki pelindung antara dudukan meriam dan meriam itu sendiri, pelindungnya hanyalah lembaran pelat besi yang dibentuk agar sesuai dengan bentuk meriam dan posisi dudukannya. Sedangkan Tank aliran NATO kebanyakan memiliki pelindung pada dudukan meriam berupa armor tambahan. Tank aliran Komunis juga memiliki profile yang rendah atau bentuknya yang kecil karena armornya yang lebih ringan.
  • Kaliber meriam juga bisa digunakan untuk melihat perbedaan Tank aliran Komunis dan Tank aliran NATO. Tank aliran Komunis hampir seluruhnya menggunakan meriam yang sama pada setiap Tanknya, yang paling sering digunakan yaitu meriam 2A46M kaliber 125mm berlaras tanpa alur buatan Rusia. Sedangkan Tank aliran NATO kebanyakkan menganut meriam L44 kaliber 120mm berlaras tanpa alur dan meriam L7 kaliber 105mm dengan laras beralur yang dibuat oleh jerman dan inggris.
  • Jumlah adalah perbedaan paling mencolok setelah bentuk Tank. Tank aliran Komunis kebanyakan diproduksi secara super massive karena harganya yang murah dan tidak rumit untuk diproduksi, tapi memiliki performance yang bagus. Contohnya Rusia telah memproduksi sekitar 30.000 Tank T-72 Ural. Kalau Tank aliran NATO jumlahnya lebih sedikit, karena campuran armornya yang mahal dan rumit untuk dikerjakan, karena itu performancenya menjadi tinggi dan salah satu Tanknya menjadi Tank dengan proteksi terkuat didunia.
  •  Teknologi juga menjadi perbedaan antara kedua aliran tersebut. Tank aliran komunis memiliki teknologi lebih simple malah masih menggunakan sistem analog dan penguncian target secara manual. Sedangkan Tank aliran NATO menggunakan teknologi lebih maju, malah dengan penembakan automatis jika ada sesuatu yang bergerak seukuran Tank. Pengendalian Tank dibantu menggunakan databus sehingga mempermudah pengendalian Tank dan komunikasi antar Tank teman.
  • Yang lebih spesifik masih ada banyak lagi, tapi yang gampang dilihat adalah bentuk rantai penggerak. Aliran Komunis menggunakan rantai penggerak yang bergerigi yang sepertinya bentuk dari rantai penggerak tersebut sama dengan rantai penggerak dari tahun 1950-an. Sedangkan pihak NATO sudah terkenal menggunakan rantai penggerak dengan lapisan plat baja untuk melindungi rantainya agar tidak cepat rusak.
  • Jika selain Tank, perbedaan paling gampang untuk diperhatikan adalah kendaraan aliran Komunis kebanyakan bersifat ekonomis dan murah, tapi berkualitas bagus. Aliran NATO memiliki kualitas yang lebih tinggi lagi tetapi mahal dan boros energi.
 
Tank Amerika, M1A2 Abrams
Tank Cina, Type-96

Jadi, jika mereka bertemu siapakah yang menang? "No One Knows".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar