Entri Populer

Kamis, 16 Juni 2011

Type 99, Tank Tempur Utama terbaru Cina

Type 99 adalah Tank Tempur Utama terbaru Cina. Type 99 sebenarnya adalah upgrade Tank Tempur Utama terdahulu Cina, Type 96. Pada Type 99 dipasang Armor tipe ERA yang dibentuk meruncing menyerupai armor yang ada pada Leopard 2A5. Armor ini menambah tingkat proteksi terhadap serangan langsung dari Tank lawan maupun serangan dari peluncur roket lawan. Bagian yang rusak mudah untuk di ganti dengan yang baru saat berada di lapangan. Tank ini dilengkapi dengan pelindung Nuklir, Biologis, dan Kimia juga dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran automatis.

Tank ini Dilengkapi dengan Laser berkekuatan tinggi yang dapat digunakan untuk merusak pemandu inframerah misil, merusak pengelihatan periskop elektronik Tank lain, juga bisa digunakan kepada helikopter.

Type 99, seperti Tank sebelumnya menggunakan meriam 2A46 kaliber 125mm berlaras tanpa alur yang dikopi dari Tank Rusia T-72, tapi dengan beberapa upgrade. Meriam ini dilengkapi pengisi peluru automatis yang dapat menembakkan peluru sebanyak 8 peluru per menit. Meriam ini dibekali peluru sebanyak 41 peluru dari campuran peluru HEAT, APFSDS, dan HE-Frag. Meriam ini juga dapat menembakkan Misil 9K119 Refleks yang dapat dilontarkan seperti peluru biasa dan berjarak efektif sejauh 4-5 km. Senjata kedua adalah senapan mesin kaliber 7.62mm yang dipasang sejajar dengan Meriam Utama dan senapan mesin anti-udara kaliber 12.7mm.

Untuk komunikasi, Tank ini dilengkapi alat yang dapat mengirimkan pesan berupa teks, data, atau suara. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi teman atau musuh dari Tank lain sejauh 3600 meter. Tank ini juga dilengkapi GPS untuk mengetahui posisi Tank tersebut. Tank ini beranggotakan 3 orang, yaitu komandan, penembak, dan pengemudi.

Tank ini menggunakan badan T-72 tapi diperpanjang 1 meter. Tank ini menggunakan mesin diesel berkekuatan 1500 hp yang dibuat berdasarkan mesin yang digunakan pada Leopard 2A5. Tank ini memilki kekuatan tinggi yang dapat mendorong Tank seberat 54 Ton ini melaju dengan kecepatan 80 km/h dan jarak tempuh 400 km, jarak ini bisa ditambah dengan memasang tangki bahan bakar cadangan.Tank ini menggunakan beberapa komponen Type 96 yang di upgrade.

Dengan adanya Tank ini dunia ketambahan Tank- Tank kuat yang beberapa akan berjaya di medan laga.





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar